Marmut Listrik LIPI Diluncurkan

Jalan-jalan dengan mengendarai Marlip (Marmut Listrik LIPI) di jalan raya adalah impian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di masa depan. Dalam rangka memperkenalkan kepada publik, Marlip pun diluncurkan di Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (27/10).

Hadir dalam peluncuran kendaraan listrik mini itu di antaranya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Abdullah Gymnastiar yang biasa disapa Aa Gym. Presiden Yudhoyono bersama Aa Gym bahkan sempat menjajal mengendarai Marlip. Presiden Yudhoyono sempat mengingatkan bahwa alat-alat negara harus menggunakan produksi dalam negeri, kecuali produk itu belum bisa dibuat di dalam negeri.

LIPI sengaja menggandeng Aa Gym khusus untuk memasarkan mobil buatan mereka tersebut. Rencananya mobil bertenaga listrik ini dijual ke pasaran seharga Rp 40 juta per unit. Hingga 2005 ini, LIPI telah mengembangkan delapan jenis Marlip dan telah menjual lebih dari 50 unit.

Kelak, bila undang-undang tentang penggunaan mobil listrik sudah ada, LIPI akan segera membuat Marlip versi jalan raya. Tak berhenti sampai di situ. Bahkan, untuk konsumsi masa depan, para peneliti LIPI juga sedang merancang Marlip berbahan bakar hidrogen.

Seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Marlip adalah mobil kecil bertenaga listrik yang diproduksi pertama kali pada 2002. Saat itu, Marlip dipasarkan dalam tiga tipe, yakni Wisata, City Car, dan Smart.

Adapun pada 2005 ada tujuh tipe yang dikembangkan, yaitu Troy yang dirancang untuk taman wisata dan perumahan, Mosen buat mobilisasi pasien di rumah sakit dan pemain yang cedera di lapangan sepak bola, Smart ditujukan bagi kawasan perumahan. Sedangkan City Car dirancang untuk persiapan penggunaan di jalan raya. Ada pula Patrol untuk patroli polisi dan lingkungan, Golfo untuk lapangan golf, dan Hercules buat kawasan industri.

Ada beberapa institusi yang telah menggunakan Marlip. Antara lain Rumah Sakit Umum Daerah Karawang, RSU Fatmawati, RSUD Donggala, Kebun Raya Bogor, dan Kepolisian Wilayah Kota Besar Makassar.

Untuk diketahui, saat ini Marlip menggunakan baterai 36 volt 200 Ah yang dapat digunakan secara aman selama delapan jam nonstop. Kecepatan Marlip maksimum 40 kilometer per jam untuk jalan datar. Dan 20 km per jam saat jalan menanjak.

Mobil berbobot kosong mencapai 275 hingga 430 kilogram itu memiliki panjang antara 225 sentimeter hingga 270 cm dan lebar 120 cm. Marlip pun dapat ditumpangi dua hingga enam orang.(AIS/Miko Toro dan Doni Indradi)